ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS X

Soal A
1. Bukalah link dari: http://nasional.kompas.com/read/2016/02/26/07265601/Eksekusi.Hukuman.Mati.Gelombang.Ketiga.Kemungkinan.Dilakukan.pada.Tahun.Ini.
2. Buatlah komentar yang jelas, baik, benar dan santun dari artikel tersebut dengan disertai bukti dan alasan yang mendukung!

Komentar : saya setuju akan adanya hukuman mati bagi para narapidana dikarenakan dari sumber yang saya baca    https://fakagamauisu.wordpress.com/artikel/kontroversi-eksekusi-mati-dan-relevansinya-dengan-ham/ bahwa   penjatuhan hukuman mati seimbang dengan tindak kejahatan yang dilakukannya (terorisme, narkoba, pembunuhan berencana, dll) karena ditegakkannya hukum yang ada dan diberlakukan, menunjukkan adanya konsistensi, ketegasan, bahwa apa yang tertulis bukan sebuah angan-angan, khayalan tetapi kenyataan yang dapat diwujudkan dengan tidak pandang bulu dan juga hukuman mati akan membuat efek jera kepada orang lain yang telah dan akan melakukan kejahatan, serta juga dapat memelihara wibawa pemerintah serta penegak hukum Tindak kejahatan pembunuhan, narkoba, terorisme adalah perbuatan yang merusak apa yang harus dan wajib dipelihara. Maka hukuman yang pas bagi pelakunya adalah hukuman mati.
Berkaitan dengan hak asasi manusia, hak asasi juga mengandung kewajiban asasi. Dimana ada hak disitu ada kewajiban, yaitu hak melaksanakan kewajiban dan kewajiban melaksanakan hak. Hak seseorang dibatasi oleh kewajiban menghargai dan menghormati hak orang lain. Apabila seseorang telah dengan sengaja menghilangkan hak hidup (nyawa) orang lain, maka hak hidup dia bukan sesuatu yang perlu dipertanyakan dan dibela.
Seseorang yang telah melakukan kejahatan berat membunuh orang lain, tidak saja telah menimbulkan kematian seseorang, tetapi juga telah mengorbankan, dan bahkan menyengsarakan begitu banyak anggota keluarga. Lebih-lebih bila korban yang mati terbunuh adalah seorang kepala keluarga yang selama ini memikul beban mencari nafkah bagi penghidupan seluruh keluarganya. Bahwa hukuman adalah upaya untuk memperbaiki tingkah laku, hendaknya jangan hanya ditinjau dari sudut kepentingan seseorang, melainkan harus pula ditinjau dari sudut masyarakat secara keseluruhan. Walaupun memang ada pernyataan “Setiap manusia berhak untuk hidup dan mendapat perlindungan hukum dan tiada yang dapat mecabut hak itu”. Tetapi apa yang mereka lakukan itu merupakan suatu yang merusak hak orang lain atau mencabut hak dari orang lain. Pada pemberian sebuah Pengampunan sama sekali tidak berarti memandang ringan kesalahan. ”Pengampunan” adalah sisi lain dari ”pertobatan”. Tidak ada pertobatan, tidak ada pengampunan. Yang ada ialah hukuman. Hukuman mati, kalau pun dijalankan, ia tidak dilaksanakan dengan maksud ”membunuh”. Satu-satunya tujuan hukuman mati yang sah adalah untuk memelihara dan melindungi kehidupan dari kejahatan yang mengancamnya. Jadi saya setuju akan perlakuan hukuman mati para narapidana yang ada, sekian komentar dari saya maaf jika ada kesalahan dalam kata kata. Terima kasih.

Soal B
1. Bukalah link dari
https://cerpenkompas.wordpress.com/2011/12/18/tart-di-bulan-hujan/
2. Analisislah unsur instrinsik cerpen tersebut !

Unsur instrinsik yang terdapat pada cerpen tart di bulan hujan :
1. Tema : keinginan Bu sum untuk membahagiakan si bocah
2. Latar : tempat : -toko roti oberlin
                               – rumah bu sum
                               – gereja
                               – kos kosan pak jentera
                Waktu : – Menjelang pukul sembilan malam, anak-anak langsung menyerbu…..
                Suasana : – sepi
                                   – hujan
                                  – bahagia
                                  – senang
3. Pesan : ketika kita ingin melakukan sebuah ” kebahagiaan ” bagi orang lain kita harus berjuang untuk memenuhi tujuan kita dan tidak mendengarkan kata kata yang dapat membuat kita mengurungkan niat kita tersebut
4. Penokohan : – Wak Zettep : orang pelit
                           – pak dan bu jentera : baik
                           – bu sum : pantang menyerah
                           – uncok : pemarah, meremehkan
5. Sundut pandang : persona 3 maha tahu
6. Alur : Alur lurus

Tinggalkan komentar